[Ebook] Grand Design Pembudayaan Kegemaran Membaca

[Pustaka Digital] Grand Design Pembudayaan Kegemaran Membaca

Laporan Bank Dunia Nomor 16369-IND, dan Studi IEA (International Assosiation for the Evaluation of Education Achievment) di Asia Timur, mengemukakan bahwa Indonesia menduduki peringkat terendah membaca. Kurangnya minat baca di Indonesia juga ditunjukkan hasil survei berkala di 40 negara oleh organisasi kerja sama dan pengembang ekonomi (OECD) dengan sampel pelajar berusia 15 tahun. Indonesia berada di posisi kedua terbawah. Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat statistik (BPS) tahun 2012, sebanyak 91,68 persen penduduk yang berusia 10 tahun ke atas lebih menyukai menonton televisi dan hanya sekitar 17,66 persen yang menyukai membaca surat kabar, buku atau majalah. Konsumsi satu surat kabar di Indonesia dengan pembaca rasio 1 berbanding 45 orang (1:45), padahal idealnya satu surat kabar dibaca oleh 10 orang.

Selain itu, kemampuan orang Indonesia dalam memahami bahan bacaan pun sangat rendah. Rendahnya kegemaran membaca dapat disebabkan oleh beragam aspek, antara lain fakta bahwasanya masyarakat Indonesia pada dasarnya merupakan masyarakat berbudaya tutur, dimana bentuk pertukaran informasinya masih secara lisan. Semua informasi, gagasan dan pengetahuan hanya disimpan dalam “ingatan”.

Berdampingan dengan fakta-fakta tersebut di atas, Indonesia saat ini tengah mengalami perubahan tata perekonomian, dimana saat ini masih di dominasi ekonomi berbasis industri (industrial based economy), namun secara perlahan menuju ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge economy). Perubahan ini berdampak terhadap perkembangan sosio-kultur masyarakat, dari sebuah masyarakat industri (Industrial Society) menuju masyarakat berbasis pengetahuan (Knowledge society).


Judul : Grand Design Pembudayaan Kegemaran Membaca
Penyusun : Agus Setiawan
Penerbit : Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, 2014
ISBN : 978-979-008-721-7
Ukuran : 13,1 MB
Tebal : 132 Halaman

Download :
Klik link -> https://inval.id/url/pdgdpkm

You may also like...