[Ebook] Bid’ah: Sebab-sebab Terjadinya Bid’ah

Sebab-sebab Terjadinya Bid'ah

Bid’ah (Arab:بدعة) adalah perbuatan yang dikerjakan tidak menurut contoh yang sudah ditetapkan, termasuk menambah atau mengurangi ketetapan. Secara linguistik, istilah ini memiliki arti inovasi, pembaruan, atau doktrin sesat.

Dalam Islam

Bid‘ah dalam agama Islam berarti sebuah peribadahan yang tidak pernah diperintahkan ataupun dicontohkan oleh Nabi Muhammad atau dikerjakan oleh para sahabat, tetapi banyak dilakukan oleh umatnya. Hukum dari bid’ah menurut pendapat para ulama Salaf adalah haram, berdasarkan hadits dari nabi. Perbuatan dimaksud ialah perbuatan baru atau penambahan dalam hubungannya dengan peribadatan dalam arti sempit (ibadah mahdhah), yaitu ibadah yang tertentu syarat dan rukunnya.

Etimologi

Bidah menurut etimologi adalah hal baru yang disisipkan pada syariat, setelah syariat itu sudah sempurna. Ibnu As-Sikkit berpendapat bahwa bid’ah adalah segala hal yang baru. Sementara istilah pelaku bid’ah (mubtadi’) menurut adat terkesan tercela.

Adapun Abu Adnan berpendapat bahwa bid’ah adalah melakukan satu perbuatan yang nyaris belum pernah dilakukan oleh siapapun, seperti perkataan anda: si fulan berbuat bid’ah dalam perkara ini, artinya ia telah mendahului untuk melakukan hal itu sebelum orang lain.


Penulis : Dr. Said bin Ali bin Wahf Al-Qahtani
Dikuliahkan oleh : Ust. Rasul bin Dahri
Tebal : 14 Halaman
Ukuran : 304.53 KB

Download :

Klik Link -> https://inval.id/url/pdsstb

You may also like...